free klick aja

Rabu, 05 Mei 2010

PROGREMER.HECKER,CRECKER

Apa itu programmer?
Programer adalah seorang ahli software komputer. Programer adalah orang yang menciptakan program yang anda pakai sekarang, contohnya msn messenger, yahoo messenger dan lain-lain termaksud WINDOWS, MS OFFICE dll, dan program2 lain siap pakai, dan website yang anda lihat ini pun adalah berkat programer-programmer itu, browser yang anda pakai seperti internet explorer, mozilla Fire Fox dll diciptakan oleh programer. Programer juga terbagi-bagi menjadi Code programer dan Design programmer.. yang code disebut coder. Yang design disebut Designer tugasnya membuat templates (design yang sesuai untuk pemakai sehingga programnya terasa nyaman dipakai).

Apa itu Hacker?
Sejarah Hacker bisa di baca di internet (browse google "hacker history"). Banyak media sering nyebut2in Hacker sebagai "penjebol" atau "pembajak computer" sebenarnya ini sebuah anggapan yang 90% salah. Hacker adalah tingkatan lanjut dari programmer, seorang programmer bisa saja disebut hacker karena mereka mampu menciptakan sebuah program yang utuh dan berfungsi dengan bagus, namun Hacker berbeda, pada umumnya mereka memiliki cara berpikir melebihi para programmer. Hacker bisa menciptakan program tertentu. Namun hacker bisa terkenal bukan karena program yang dibuatnya, namun teknik dan cara kerja mereka, hacker sering menyusup ke security computer / server di perusahan2 besar, dan mereka melakukannya tanpa merusak data, hanya mencari celah2 yang bisa dilalui untuk hiburan atau sekedar kesenangan dan yang terpenting pengetahuan.

Hacker menyusup ke server perusahaan-perusahaan tidak menggunakan program yang sudah jadi, atau pake cara amatir. Ada keunikan hacker, mereka kalau sukses menyusup ke korbannya, sangat kecil kemungkinannya kalau korban sampai tau computernya sudah ditembus securitynya, sampai korban diberitahu oleh sang hacker ini sendiri. Kenapa? Karena hacker pada umumnya bekerja secara diam-diam mengambil data tanpa merusak. Sebenernya Hacker itu termaksud orang "suci" walau sama aja sih nyusup tanpa ijin seperti pencuri. Itu hobby.. susah deh

Apa itu Cracker!?
Cracker disini adalah hacker jahat! jahat ke programer dan hacker. banyak terjadi kebingungan dikalangan media n masyarakat umum, banyak yang salah sebut, yang mustinya Cracker becomes hacker. n its seems they're calling their self "hacker". Dan itu yang sangat dibenci para hacker2.. banyak hacker memandang cracker adalah sampah, karena menurut mereka cracker cuma bisa membuat celah semakin besar bukan untuk menutup celah.

Tapi di Indonesia, berkat Cracker kita bisa membeli produk software mahal menjadi terjangkau, Bayangkan kalau kita harus membeli Adobe Photoshop dengan harga puluhan dolar? kapan kita bisa pinter? Tapi saya sedikit kecewa dengan cara kerja mereka, sering menyusup ke program server dan merusak data curian. Kalau korbannya gak ada backup, matilah sudah! Mereka juga terkadang menyusupkan virus, worm dan semacamnya di program buatan mereka untuk cracking, hacker sebenarnya juga bermain dengan virus, namun kalau gak perlu biasanya dihapus setelah data berhasil di curi. Lain dengan Cracker biasanya virusnya ditinggalkan di korban dan dibuat semakin mengganas itu bedanya..

Adalah fakta bahwa Hacker yang semestinya namanya harum karena telah membantu masyarakat/perusahaan besar menjadi busuk namanya dikarenakan Cracker, ironis memang.
Yang lebih disayangkan lagi, media yang merupakan spesialisasi di bagian IT / computer juga sering salah menuliskan nama cracker menjadi hacker. Lebih parahnya lagiacara-acara berita besar di televisi sering salah juga..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar donk